Surakarta (29/11/2021) – Di era globalisasi sekarang ini, tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat, maju dan canggih. Dan perkembangannya dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, baik ekonomi, sosial maupun budaya. Disamping sisi positif yang dapat kita raih, namun terkadang sebaliknya. Sebagai contoh adalah nilai-nilai kearifan lokal yang mulai tidak dipahami dan ditinggalkan.

Oleh sebab itu perlu motivasi di era sekarang agar senantiasa menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya lokal, sehingga identitas bangsa tetap dipertahankan. maka dari itu penyelenggaraan Lomba Pembacaan Fragmen Cerita Lokal Berbahasa Jawa oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta dengan tujuan melestarikan nilai-nilai budaya, kearifan lokal yang mulai tidak dipahami dan ditinggalkan di era sekarang ini.

Tim Juri sangat mengapresiasi penuh kepada para peserta yang hadir. “Ini sebagai upaya untuk melestarikan dan mengembangakan budaya kita. Yang penting adalah menjaga jati diri di tengah upaya kita untuk internasionalisasi dan perkembangan globalisasi ini. Justru inilah yang mampu kita unggulkan.

Salah satu tujuan kegiatan ini adalah melestarikan dan mengembangakan bahasa, sastra dan budaya Jawa di era globalisasi. Dewasa ini yang cenderung dijauhi, tidak diminati dan ditingggalkan oleh generasi muda. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan meningkatkan rasa cinta, dan berupaya membangkitkan kembali pada bahasa dan budaya Jawa.

Berikut Juara 1-3 & Juara 1-3 Harapan

Lomba Pembacaan Fragmen Tahun 2021
Yang di selenggarakan oleh
DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN
KOTA SURAKARTA
29 November 2021

 

Berikut adalah Juara 1-3 Harapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *