Surakarta, Kamis (25-11-2021) – Menindaklanjuti Surat permohonan Re-Akreditasi Perpustakaan Umum Kota Surakarta. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta, Nomor 041/1074/XI/2021, perihal Permohonan Re-Akreditasi Perpustakaan, Tim Asesor Akreditasi dari Direktorat Standarisasi dan Akreditasi Perpusnas RI melakukan visitasi lapangan hari ini Kamis, 25 November 2021.

Tim Asesor terdiri dari dua orang Asesor dan satu orang pendamping, yaitu Drs. Supriyanto, M.Si dan Dra Zurniyati Nasrul, MLS selaku Asesor serta Sri Rizki Pudji Lestari, S.Sos selaku pendamping.

Kegiatan Visitasi diawali dengan sambutan selamat datang dan dilanjutkan paparan Profil Perpustakaan Umum Kota Surakarta oleh Drs. Agus Santoso, MM selaku Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta dan pemutaran video Profil Perpustakaan Umum Kota Surakarta. Drs. Supriyanto, M.Si selaku ketua Tim Asesor menyampaikan maksud dan tujuan Visitasi yaitu ingin mencocokan data-data yang sudah diisikan dalam instrumen Akreditasi berupa 6 Komponen dengan kondisi lapangan Perpustakaan Umum Kota Surakarta. Penilaian 6 Komponen Instrumen Akreditasi meliputi :

  1. Komponen Koleksi
  2. Komponen Sarana dan Prasarana
  3. Komponen Pelayanan Perpustakaan
  4. Komponen Tenaga Perpustakaan
  5. Komponen Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan
  6. Komponen Penguat

Dalam peninjauan lapangan ke semua ruang dan fasilitas pelayanan Perpustakaan Umum Kota Surakarta, Tim Asesor menyempatkan diri menyaksikan Bioskop 6 Dimensi.

Pada akhir kegiatan Visitasi, Tim Asesor menyampaikan berita acara hasil penilaian pada 6 Komponen Instrumen Akreditasi Perpustakaan Umum Kota Surakarta dengan melampirkan beberapa rekomendasi untuk ditinjaklanjuti oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta agar Perpustakaan Umum Kota Surakarta semakin berkembang menjadi Perpustakaan rujukan bagi Perpustakaan lain yang ada di seluruh Indonesia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *