Surakarta, Senin (22-11-2021) – Berdasarkan Undang-undang Nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan dan Peraturan ANRI (Arsip Republik Indonesia) Nomor 06 Tahun 2019 tentang Pengawasan Kearsipan. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta mengadakan kegiatan Gelar Pengawasan Kearsipan Daerah (LARAS KRIDA) dan Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip Kota Surakarta pada hari Senin, tanggal 22 November 2021 bertempat di Balai Tawangarum, Komplek Balaikota Surakarta.

Dalam rangka mendukung pelayanan publik yang prima diperlukan pengelolaan kearsipan yang tertib sehingga dapat mewujudkan transparansi dan akuntabilitas. Pengelolaan Kearsipan yang baik menjadi salah satu indikator kinerja setiap Lembaga Pemerintah baik pusat maupun daerah dalam melaksanakan reformasi birokrasi.

 

Tujuan dari Kegiatan yaitu Penyerahan Nilai pengawasan internal kepada OPD Kota Surakarta yang telah diverifikasi oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Teguh Prakosa selaku Wakil Walikota Surakarta, seluruh Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kota Surakarta , dan Sapta Hermawati selaku Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah.

Sudah ada 29 OPD yang telah dinilai dan diverifikasi dan ada juga 1 OPD di Kota Surakarta dengan kategori terbaik di Kota Surakarta, ujar Sapta Hermawati selaku Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah.

Teguh Prakosa selaku Wakil Walikota Surakarta mengucapkan selamat atas OPD yang mendapatkan kategori terbaik peringkat 1 s/d 6 di Kota Surakarta untuk menjadi lebih baik dalam pengelolaan kearsipan, antara lain

  1. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
  2. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
  3. Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah
  4. Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah
  5. Sekretariat Daerah
  6. Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *