Surakarta – Selasa (16/11/2021) – Perpustakaan Umum Kota Surakarta menyelenggarakan PELATIHAN LUKISAN KALENG yang bertempat di Ruang Diskusi (Lantai 3) Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta dari pukul 07.30 – Selesai. Di dasari dengan dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPPA SKPD) No. 2-23.2-24.0-00.0.02.00.00.5 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta dalam kegiatan Pembudayaan Gemar Membaca Tingkat Daerah Kabupaten/ Kota, Sub Kegiatan Pengembangan Literasi berbasis Inklusi Sosial.Narasumber Pelatihan Kewirausahaan Arie Istianto dan dihadiri Ketua POKJA II Tim Penggerak PKK Kota Surakarta.

Tujuan penyelenggaraan PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN LUKISAN KALENG tersebut untuk

  1. Menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, kreatif, dan sebagai bekal dalam berwirausaha.
  2. Membangun jejaring bisnis dan menciptakan wirausaha pemula
  3. Mengembangkan home industri / sentra Usaha Kecil Menengah (UKM)
  4. Menyebarkan semangat untuk berinovasi
  5. Meningkatkan kemampuan peserta di dalam bidang ketrampilan khususnya dalam kemampuan melukis dengan media kaleng.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari masyarakat Kota Surakarta yang diprioritaskan sedang merintis dan tergabung dalam pengelola Bank Sampah di wilayahnya serta di utamakan yang belum bekerja.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Drs. Agus Santoso, M.M selaku Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta. Dalam sambutanya beliau menyampaikan agar peserta pelatihan yang hadir hari ini mampu mengembangkan ketrampilannya dan mengikuti perkembangan inovasi melalui media sosial maupun youtube.

Selain itu perlu juga dibangun jejaring bisnis untuk penjualan hasil ketrampilan agar ada kejelasan dan kepastian dalam penyalurannya. Untuk itu Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta akan berkoordinasi dengan Instansi terkait untuk membangun jejaring bisnis yang dimaksud.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *