Surakarta (18/5/2021), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta memperingati Hari Kearsipan Ke-50 dimana peringatan kali ini masih sama seperti tahun yang lalu dalam suasana pandemi Covid-19. Namun demikian tidak mengurangi antusiasme para arsiparis maupun insan kearsipan untuk merayakannya, dimana tahun ke-50 ini adalah tahun keemasan kearsipan.

Berdasarkan Keputusan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor OT.00/02/2005, tanggal 18 Mei ditetapkan sebagai Hari Kearsipan. Hari Kearsipan yang diperingati tiap tahun merupakan momentum penegakkan kembali komitmen negara dan seluruh komponen Bangsa Indonesia untuk bekerja keras meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan yang komprehensif dan berkualitas. Tahun 2021 merupakan tahun peringatan emas kearsipan. Pada momentum ini, bidang kearsipan akan menyajikan lintasan ingatan yang menjadi bunga rampai perjalanan pembangunan dari masa ke masa sampai dengan era pemerintahan berbasis elektronik (Industri 4.0).

Atas dasar tersebut Arsip Nasional Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Nomor 1 tahun 2021 tentang peringatan Hari Kearsipan ke-50 mengusung tema “Tahun Emas Kearsipan: Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital”.

Melalui Peringatan Hari Kearsipan ke-50 Tahun 2021, diharapkan penyelenggaraan kearsipan di Pemerintah Kota Surakarta mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah baik DPRD dan seluruh stakeholder serta masyarakat Kota Surakarta, sehingga penyelenggaraan kearsipan dijadikan prioritas agar bisa berjalan dengan lancar sehingga masyarakat menjadi melek dan sadar arsip,  karena ruhnya Pemerintah Daerah ada di Kearsipan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *