SURAKARTA (04/05/2021) – Dalam rangka meningkatkan Pembudayaan Gemar Membaca di Kota Surakarta  khususnya pada anak-anak tingkat SD/MI se Kota Surakarta, Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kota Surakarta melalui kegiatan Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi pada Satuan pendidikan Dasar dan Pendidikan khusus serta masyarakat mengadakan lomba bertutur Tingkat SD/MI se Kota Surakarta.

Kegiatan lomba bertutur diharapkan dapat menggali potensi para peserta lomba untuk dapat meningkatkan kreativitas, kecerdasan, dan inovasi sebagai generasi penerus bangsa, sehingga mereka mampu menggali potensi Budaya lokal/cerita lokal  yang berkembang  di sekitar para peserta lomba. Para peserta lomba nantinya akan berkompetisi untuk memenangkan juara 1 yang  akan menjadi wakil Kota Surakarta di lomba bertutur Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2021.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta Drs. Samsu Tri Wahyudin, M.Si mengatakan lomba bertutur merupakan agenda rutin setiap tahun.

“Lomba bertutur ini dalaksanakan untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca dan kecintaan anak terhadap budaya local, dalam upaya membangun karakter, kecerdasan, kreativitas dan inovasi generasi muda Indonesia”.

“Untuk kegiatan ini ada beberapa tahapan, (yakni) pertama audisi dengan mengirimkan video lomba bercerita setiap peserta yang sudah kami buka mulai 12 hingga 25 April 2021 sesuai ketentuan dan syarat dalam pengumuman leaflet dan atau social media Disarpus Kota Surakarta.Selanjutnya akan kami seleksi 12 besar di tanggal 26 April hingga 4 mei 2021. Hasilnya, akan masuk ke grandfinal dan  akan dilaksanakan dengan penilaian juri secara langsung bertempat di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta pada 17 Mei 2021. Peserta yang juara satu akan kami lakukan pembinaan dan pembekalan untuk mengikuti ajang di tingkat Provinsi Jawa Tengah,”

Dijelaskan, syarat pendaftaran peserta relatif mudah, yakni peserta berasal dari sekolah negeri atau swasta Kota Surakarta. Selanjutnya, peserta merupakan siswa/siswi SD/MI Negeri atau Swasta kelas 4 atau di bulan juli 2021 duduk di kelas 5, memiliki minat, bakat, maupun pengalaman tentang membaca dan bercerita. Selain itu, setiap sekolah diperbolehkan untuk mengirim beberapa perwakilan peserta untuk mengikuti lomba.

Kami dari pemerintah Kota Surakarta menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, karena kegiatan ini tetap terlaksana di masa wabah Covid-19. Kami pikir kegiatan ini tidak ada, tapi tetap ada karena dianggap penting oleh pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Pastinya pelaksanaan lomba mengikuti protokol kesehatan.

­

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *