Surakarta, Rabu (7/4/2021) Setelah penyerahan Kode Klasifikasi Arsip di BKPPD dilanjutkan dengan penyelamatan arsip periode 2014-2019 di seluruh OPD, sebagai tindak lanjut Surat Edaran MENPANRB Nomor 01/2020 untuk persiapan pameran inovasi sepanjang tahun dalam rangka penyelamatan arsip, maka setiap kegiatan pendampingan OPD, harus ada ICON sebagai bukti penyelenggaraan kearsipan baku.

Kegiatan pendampingan ini dimulai dengan memberi pengertian tentang penataan arsip yang benar kepada pengelola arsip BKPPD Kota Surakarta, disini langsung ke arsiparis di BKPPD Bapak M. Rendy, setelah paham dengan penataan arsip in aktif dilanjutkan dengan pengarahan tentang penggunaan aplikasi SIMPAN (Sistem Informasi Penyelamatan Arsip Negara) dimana arsip in aktif nantinya akan di input di aplikasi SIMPAN agar bisa dibuat daftar arsip dan daftar berkasnya. Setelah aplikasi SIMPAN ini dipahami benar dilanjutkan dengan rekonstruksi arsip in aktif yang ada di record center di BKPPD.

Rekonstruksi arsip in aktif ini meliputi arsip e-PUPNS, arsip penetapan NIP CPNS, arsip Kenaikan Pangkat, arsip mutasi PNS dan arsip pensiun periode tahun 2001 sampai dengan tahun 2019. Rekonstruksi ini menghasilkan 30.000 berkas dan berlangsung selama dua hari dari hari Rabu (7/4/2021) sampai dengan hari Kamis (8/4/2021).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *