Surakarta, Rabu (24/03/2021) Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta mengadakan acara Bimtek Aplikasi Sistem Informasi Penyelamatan Arsip Negara (SIMPAN) bertempat di Tawang Arum Komplek Balaikota Surakarta. Hal ini dilakukan dalam rangka mewujudkan tata kelola kearsipan yang memenuhi standar kualifikasi, sehingga pemkot Surakarta berkomitmen untuk melaksanakan tata kelola kearsipan, dengan maksud dan tujuan agar seluruh arsip dan dokumen Pemkot Surakarta dapat terjaga dan terawat dengan baik.

Acara ini dibuka oleh Wakil Walikota Surakarta Bapak Teguh Prakosa. Beliau menyampaikan bahwa semua OPD diharapkan arsipnya ditata dan dijaga dengan baik, serta ditunjuk tenaga khusus yang menangani arsip di PPAT (Pusat Pengolahan Arsip Terpadu)

Narasumber dari Bimtek Aplikasi SIMPAN ini adalah Direktur Akuisisi Kedeputian Bidang Konservasi Arsip ANRI Bapak Rudi Anton, SH, MH. Beliau menyampaikan bahwa sangat senang dengan Kota Surakarta ini karena perhatian khusus di bidang kearsipan, sehingga menunjuk Kota Surakarta sebagai salah satu dari 5 daerah yang ditunjuk sebagai Pilot Project tingkat Nasional.

Pembukaan Bimtek Aplikasi SIMPAN ini diikuti oleh semua Kepala OPD di Kota Surakarta sebanyak 90 orang, sedangkan teknis pelaksanaan Bimtek Aplikasi SIMPAN diikuti oleh pengola kearsipan dari OPD-OPD di Kota Surakarta sebanyak 90 peserta.

Tujuan dari kegiatan ini adalah terwujudnya tata kelola kearsipan yang memenuhi standar kualifikasi di masing-masing OPD, terwujudnya pusat pengelolaan arsip terpadu di masing-masing OPD dan terbekalinya para peserta bimtek dengan ilmu tentang aplikasi SIMPAN dari ANRI.

Dengan adanya Bimtek Aplikasi SIMPAN ini harapanya semua OPD bisa menerapkan Aplikasi ini dengan baik berdasarkan formula 3 in 1 yaitu perpaduan yang menggabungkan tiga instrumen pokok kearsipan diantaranya Kode Klasifikasi Arsip, Jadwal Retensi Arsip serta Sistem Keamanan dan Akses Arsip Dinamis, sehingga pengelolaan kearsipan di masing-masing OPD bisa berjalan dengan lancar dan penemuan kembali arsip lebih mudah dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *