Selasa (16/03/2021) diadakan rapat koordinasi dan paparan aplikasi yang wajib dipakai untuk semua OPD di Pemerintah Daerah khususnya di Kota Surakarta. Aplikasi tersebut adalah aplikasi SIMPAN. Pemaparan aplikasi ini di lakukan oleh Direktur Akuisisi ANRI Bapak Rudi Anton, SH, MH dihadapan Bapak Walikota Surakarta, Sekretaris Daerah Kota Surakarta, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta.

Selain Aplikasi SIMPAN juga mensosialisasikan aplikasi SRIKANDI. Aplikasi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) merupakan aplikasi umum bidang kearsipan dinamis yang dibuat untuk mewujudkan efisiensi penyelenggaraan administrasi pemerintahan dan penyelenggaraan kearsipan yang terpadu. Aplikasi Srikandi ini merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dan merupakan kolaborasi antara Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Kementrian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Aplikasi SIMPAN (Sistem Informasi Penyelamatan Arsip Negara) merupakan sistem informasi yang dapat membantu para pencipta arsip dan lembaga kearsipan untuk dapat melakukan penyelamatan arsip negara berdasarkan formula 3in1, sehingga tata kelola kearsipan akan tertib, terkendali, dan sejalan dengan peraturan perundang-undangan. Adapun formula 3in1 yang dimaksud adalah sebuah panduan yang menggabungkan antara tiga instrumen pokok kearsipan, yaitu Klasifikasi Arsip, Jadwal Retensi Arsip, serta Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip Dinamis.

Kedua aplikasi tersebut sudah terintegrasi, dimana SRIKANDI mengolah arsip aktifnya, sedangkan SIMPAN mengolah arsip inaktifnya, dimana apabila arsip di SRIKANDI sudah inaktif maka akan otomatis tersimpan di aplikasi SIMPAN dan langsung keluar jadwal retensi arsipnya sehingga nantinya bisa langsung disusutkan atau dimasukan sebagai arsip statis.

Menurut Bapak Walikota semua OPD, Kecamatan, Kelurahan, Organisasi Politik dan Organisasi Masyarakat diharapkan dapat terintegrasi dengan aplikasi SIMPAN dan yang terpenting database penyimpananya mudah diakses agar sewaktu-waktu dibutuhkan oleh pengguna bisa ditemukan dalam waktu yang cepat.

Hasil dari pertemuan ini Bapak Walikota dan Bapak Sekretaris Dearah Kota Surakarta menyetujui dilaksanakan bimtek aplikasi SIMPAN serta penerapan aplikasi Srikandi dengan ditandatanganinya surat permohonan pemakaian aplikasi Srikandi ke ANRI oleh Bapak Walikota.

Hal ini juga mendapat dukungan dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta dengan menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk penerapan Aplikasi Srikandi dan Aplikasi SIMPAN ini dengan menyediakan server dan bandwidth yang memadai, sehingga nantinya kedua aplikasi tersebut bisa berjalan sesuai dengan harapan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *