Solo, 27 Januari 2021

Press Release Kegiatan Bimbingan Teknis Pengawasan Kearsipan Internal

 

Di awal tahun 2021, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta mengadakan Bimbingan Teknis Pengawasan Kearsipan Internal, Rabu 27 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut amanah Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Penyelenggaraan kearsipan bertujuan untuk menjamin terciptanya arsip, ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya, terwujudnya pengelolaan arsip yang andal, pelindungan kepentingan negara dan hak-hak keperdataan, keselamatan dan keamanan arsip, keselamatan aset nasional dan mendinamiskan penyelenggaraan kearsipan nasional, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

 

Pengelolaan kearsipan menjadi perhatian yang begitu penting bagi penyelenggara pemerintahan, baik dari proses penciptaan arsip hingga proses pemusnahan. Kegiatan bimbingan teknis ini sebagai upaya edukasi sekaligus supervisi untuk ketatalaksanaan penyelenggaraan kearsipan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Untuk tahap awal bimbingan teknis ini diikuti oleh sebagian OPD yang ada di Pemerintah Kota Surakarta. Peserta selain mengikuti bimtek, juga akan mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan ANRI.

Sebagai mentor sekaligus narasumber diambil dari pakar Pengelola Kearsipan dari Provinsi Jawa Tengah. Diharapkan bimbingan teknis ini menjadi awal batu pijakan guna pembenahan penyelengaraan kearsipan di masa-masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *